Tetap Tampil Cantik dengan Tips Merawat Wajah saat Hamil


Merawat wajah saat hamil menggunakan obat-obatan yang mengandung zat kimia tentunya membutuhkan perhatian khusus, agar kondisi janin di dalam kandungan tetap aman. Jangan sampai demi tampil cantik harus mengorbankan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil.

KAOS ANAK MURAH ✨BARU✨-Kaos-Anak-BumbleBee-Kids

 

Go DokSelain mengalami bentuk tubuh yang menjadi lebih besar, ibu hamil juga akan mengalami perubahan lainnya pada tubuh mereka, salah satunya banyaknya jerawat yang mulai bermunculan pada wajah. Tentunya, merawat wajah saat hamil harus tetap menjadi perhatian dong, untuk menjaga penampilan tetap prima, ketika harus pergi keluar untuk menghadiri undangan penting.

Memang, perubahan hormon ketika sedang hamil menjadi faktor utama mengapa jerawat mulai bermunculan pada wajah ibu yang sedang hamil. Selain itu, tak jarang wajah jadi lebih sering berminyak serta tampak kering dan kusam. Selain fokus menjaga nutrisi bagi janin di dalam kandungan, bunda juga harus tetap menjaga kesehatan kulit wajah, nih.


Lalu, seperti apa tips aman merawat wajah saat hamil yang tidak membahayakan kondisi janin di dalam kandungan?

Bagi Anda para ibu hamil, tentu saja selalu berharap kalau si buah hati dalam kandungan tetap aman dan sehat. Akan tetapi, di sisi lain Anda tentu juga ingin tetap tampil cantik, bukan? Nah, Anda memang perlu berhati-hati dalam memilih perawatan, terutama kulit dan wajah agar tidak membahayakan bagi si buah hati.

Memang, pada dasarnya mencegah lebih baik daripada mengobati. Untuk mencegah timbulnya jerawat pada masa kehamilan, ada baiknya Anda selalu memperhatikan kebersihan diri sendiri, seperti cuci muka dengan air hangat dan mild cleanser dua kali sehari, mencegah rambut mengenai wajah Anda, keramas setiap hari, menghindari memencet atau mengorek jerawat, dan menggunakan kosmetika bebas minyak.

Ada beberapa cara untuk menghilangkan jerawat di masa kehamilan, baik melalui obat medis atau bukan. Selama kehamilan, pada dasarnya menggunakan produk-produk kosmetik on-the-counter (OTC) yang mengandung topical benzoyl peroxide atau salicylic acid, azelaic acid, atau glycolic acid tetap aman.

Namun demikian, tidak semua pengobatan aman dilakukan pada saat Anda sedang hamil, di antaranya:

1. Terapi hormon

Terapi hormon sangat tidak disarankan pada ibu hamil, karena dapat meningkatkan risiko kelainan bawaan pada si jabang bayi.

2. Isotretionin

Isotretionin, biasanya disebut juga sebagai retinol, dapat mengakibatkan naiknya risiko kelainan bawaan pada janin, berkurangnya fungsi otak, gangguan fungsi otak dan jantung, serta kelainan fisik lainnya. Jangan pernah menggunakan obat yang mengandung retinol, ya!

3. Tetracyclines oral

Semacam antibiotik yang menyebabkan naiknya risiko gigi menguning pada anak apabila dikonsumsi setelah kandungan berumur empat bulan. Obat-obatan yang mengandung zat ini juga dapat mengganggu perkembangan tulang janin.

Selain jerawat, ada pula kondisi yang bernama Melasma. Melasma atau chlosma sendiri adalah bintik-bintik hitam yang muncul pada wajah Anda selama kehamilan. Biasanya, melasma muncul pada dahi atau pipi ibu hamil karena pigmentasi yang meningkat akibat perubahan hormon. Sekitar 50% wanita hamil menderita melasma, lho!

Untuk menghindari melasma, Anda dapat menggunakan sunscreen yang mengandung minimal SPF 15 apabila ingin berkegiatan outdoor atau memakai topi untuk melindungi wajah Anda dari sengatan matahari langsung. Pada wanita hamil, sensitivitas kulit meningkat dan paparan sinar matahari langsung dapat meningkatkan risiko melanoma.

Bagi Anda yang tetap ingin merawat kulit di pusat kecantikan, harap perhatikan tips berikut ini ya:

  • Informasikan bahwa Anda sedang hamil pada klinik kecantikan yang Anda tuju
  • Minta dan pelajari bahan-bahan kimia yang terkandung pada produk keantikan
  • Mengerti setiap tindakan perawatan yang akan dilakukan.

Nah, begitulah tips aman merawat wajah saat hamil serta masalah yang umum ditemukan pada ibu yang sedang mengandung. Kata siapa ibu hamil tidak bisa tampil cantik dan segar selama kehamilan? Namun selalu ingat, untuk rajin berkonsultasi dengan dokter kandungan terkait kondisi kehamilan Anda, ya! Semoga bermanfaat!

Baca juga:

  • Bolehkah Mengonsumsi Sate Kambing untuk Ibu Hamil?
  • Tips Sehat Ngidam Makanan Untuk Ibu Hamil
  • Berendam Air Panas Saat Hamil, Berbahayakah?

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasi kesehatan Go Dok di sini!

PE/PJ/TP

Referensi

Baca juga:

Tindik Lidah dan Bahayanya Bagi Kesehatan Mulut Tindik lidah kini tengah marak dipraktikkan kalangan muda. Namun, prosedur ini ternyata berbahaya bagi kesehatan mulut! Simak penjelasannya berikut in…

Bahaya di Balik Nikmatnya Semangkuk Bakso Kendati memiliki banyak nilai gizi, makanan yang satu ini justru bisa membawa petaka bagi Anda jika dikonsumsi dengan cara yang salah. GoDok – Bahaya…

Tetap Berpuasa Saat Hamil? Amankah? Go Dok – Berpuasa Saat Hamil - Bunda, di bulan Ramadhan ini, jika Anda seorang muslim, pastinya merasa wajib untuk menjalankan puasa selama 30 hari. N…

Jangan Terburu-buru! Ini Dia Bahaya Nikah Muda ya… GoDok – Beberapa bulan terakhir, ranah selebritis Indonesia diguncang oleh pemberitaan mengenai pernikahan putra seorang ustadz kondang. Apa sih yang …

Penyebab Gonore yang Harus Diwaspadai Sejak Dini Go Dok- Penyebab gonore- Mendengar kata ‘gonore’ pasti akan membuat Anda bergidik ngeri. Ya, penyakit yang juga dikenal luas oleh masyarakat Indonesia…

sumber : go-dok


loading...

Baca Lagi