Tak Cuma Vitamin C dan E, 3 Vitamin Ini Ampuh Sehatkan Kulit!

Informasi Kesehatan


DokterSehat”“ Saat sedang mencari krim untuk wajah atau kulit, Anda tentu sering mendengar tentang penggunaan vitamin C dan E sebagai salah satu bahan dalam berbagai produk perawatan kulit, bukan?

Ya, vitamin C dan E adalah 2 jenis vitamin yang cukup ampuh untuk menjaga kesehatan kulit.

Hal ini sangat wajar mengingat manfaat vitamin C dan E yang mampu memberikan asupan gizi yang baik untuk kolagen kulit, serta memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan baik untuk menjaga kesahan kulit.

mengencangkan-kulit-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa masih ada cukup banyak jenis vitamin yang terbukti ampuh melawan berbagai risiko kesehatan kulit?

Jenis vitamin yang mampu mendukung kesehatan kulit

Selain vitamin C dan E yang mengandung gizi dan antioskidan yang tinggi, beberapa jenis vitamin lain juga memiliki manfaat utama bagi kesehatan kulit, yaitu mampu mencegah terjadinya penuaan pada kulit.

doktersehat menjaga kulit
photo credit: Pexels by Moose

Hal ini bisa dirasakan oleh tubuh, karena beberapa jenis vitamin memiliki manfaat khusus yang mampu menjaga kesehatan kulit dengan mempertahankan lancarnya peredaran darah sekitar kulit, mendukung produksi kolagen, hingga mendukung kondisi pori-pori yang semakin sehat.

Manfaat tersebut tentu bisa kita pertimbangkan agar kesehatan kulit bisa semakin optimal.

Untuk memanfaatkannya, Anda bisa memilih perawatan kulit dengan kandungan vitamin untuk kulit yang lengkap, serta mengonsumsi bahan makanan yang mengandung vitamin tersebut.

Lantas, vitamin apa saja yang bisa mendukung kesehatan kulit, selain vitamin C dan E?

Agar bisa mendapatkan manfaat maksimal, baik dari krim perawatan kulit dan asupan makanan, yuk sama-sama kita simak, jenis vitamin apa saja yang perlu kita penuhi untuk mendukung kesehatan kulit, di bawah ini!

1. Vitamin A

Vitamin A ternyata tidak hanya untuk mata, lho. Vitamin A memainkan peran penting untuk kesehatan kulit karena mampu melawan terjadinya penuaan kulit dengan cara menguangi efek oksidasi dari paparan radikal bebas.
doktersehat-krim-wajahHal ini disebabkan penggunaan vitamin A untuk krim, misalnya pada krim retinol, mampu membuat kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Selain itu, vitamin A juga mendukung pengelupasan kulit mati dengan lebih baik, serta mengurangi garis kerut lebih efektif.

Tidak hanya sebagai krim, Anda juga perlu memenuhi kebutuhan vitamin A dengan mengonsusmi buah dan sayur yang berwarna merah gelap hingga oranye tua, atau mengonsumsi makanan protein hewani tinggi vitamin A seperti telur atau hati.

2. Vitamin B

Vitamin B memiliki manfaat yang super menggiurkan bagi tubuh, yaitu menjaga kelembaban kulit.

Hal ini tentu sangat baik untuk kesehatan kulit, karena kelembaban kulit yang terjaga, juga mampu memberi efek perlindungan kulit dair papran mikroba atau virus pada kulit.
doktersehat-kacangPengelupasan sel kulit mati juga akan semakin baik dengan tercukupinya asupan vitamin B yang cukup.

Selain dari kandungan vitamin B pada krim perawatan kulit, Anda bisa memperoleh asupan vitamin B dari kacang-kacangan, daging ayam dan daging merah.

3. Vitamin K

Manfat utama vitamin K untuk kesehatan kulit adalah mampu mengurangi lingkar mata akibat penambahan usia. Hal ini bisa terjadi karena vitamin K berperan dalam mencegah terjadinya kerusakan atau penggumpalan pada kapiler sekitar lingkar mata.

Photo Credit: Best Vegetable 2017

Jadi, Anda bisa memanfaatkan manfaat luar biasa yang ada pada vitamin K untuk menjaga kesehatan lingkar mata, ya.

Tidak hanya melalui krim perawatan, konsumsi pula bahan makanan tinggi vitamin K, yaitu sayuran berdaun hijau, seperti bayam, kale, atau brokoli.

sumber : doktersehat


loading...

Baca Lagi
close