Sembelit? Pijat Saja Bagian Tubuh Ini

Informasi Kesehatan


DokterSehat”“ Salah satu masalah kesehatan yang paling sering dialami oleh banyak orang dan membuat aktivitas terganggu adalah sembelit. Bagaimana tidak, sembelit bisa membuat perut tidak nyaman sehingga kita pun tidak bisa benar-benar fokus melakukan aktivitas dengan baik. Yang menjadi masalah adalah, kita tidak boleh sembarangan mengobati sembelit karena bisa saja memberikan efek kurang baik bagi kesehatan tubuh.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa demi mengatasi sembelit, kita bisa melakukan olahraga demi merangsang pergerakan otot perut, minum air hangat, dan memperbanyak asupan serat. Hanya saja, terkadang cara ini kurang manjur sehingga kita pun mencoba untuk mengonsumsi obat pencahar.

Meskipun bisa memberikan efek melancarkan buang air besar dengan cepat, mengonsumsi obat pencahar bisa membahayakan kesehatan ginjal dan bahkan mampu membuat saluran pencernaan kehilangan kemampuan alaminya untuk buang air besar dengan lancar di kemudian hari.

Lantas, apa yang sebaiknya kita lakukan demi mengatasi sembelit ini? Pakar kesehatan menyarankan kita untuk melakukan pemijatan di bagian bawah pusar, tepatnya sekitar satu ruas jari persis di bawah pusar kita. Tekanlah titik tersebut dengan jari secara perlahan. Pastikan bahwa kuku jari kita tidak terlalu panjang agar tidak membuat rasa sakit. Selain itu, jika kita mulai merasakan nyeri saat menekan titik tersebut, hentikan penekanan dan cobalah lagi dengan tekanan yang lebih pelan sekaligus menjaga pernapasan selama 5-10 detik.

Dalam dunia medis, teknik ini disebut sebagai akupresur dan bisa merangsang tubuh untuk mengaktifkan kembali pergerakan usus yang bisa melancarkan buang air besar. Hanya saja, jika teknik ini tetap saja tidak berhasil membuat kita buang air besar dengan lancar, segeralah datangi ke dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat.

sumber : doktersehat


loading...

Baca Lagi
close