Segera Atasi Ibu Jari Kejepit dengan 5 Cara Ini

Informasi Kesehatan


Berita – Salah satu bagian tubuh yang terlihat sepele namun ternyata memiliki banyak manfaat yaitu ibu jari. Contohnya, daya keseimbangan akan terganggu jika Anda tidak memiliki ibu jari atau tidak bisa menggenggam dengan baik tanpa ibu jari.

Oleh karena itu, Anda harus merawat ibu jari dari cedera atau bahkan luka sobek. Jika sudah terjadi hal itu dan ingin mempercepat penyembuhan ibu jari, lakukan beberapa cara ini. Apa saja?

Berikut penjelasannya:

Istirahatkan
Istirahat efektif untuk menyembuhkan luka ringan. Jika Anda ingin ibu jari yang terkilir cepat sembuh ada baiknya untuk membiarkannya beristirahat. Istirahat yang tepat sangat penting untuk penyembuhan kerusakan jaringan lunak. Sebaliknya, jika Anda terus menekan ibu jari maka akan menyebabkan lebih banyak rasa sakit, peradangan, dan menyebabkan cedera lebih lanjut.

loading...

Kompres dengan Es
Anda dapat menggunakan kubus kecil es pada ibu jari yang terkilir untuk mengurangi peradangan, pembengkakan, dan rasa sakit. Es membantu mencegah ligamen meradang dengan mengurangi respons peradangan tubuh Anda. Terapi es juga dapat membantu menghentikan pendarahan dari ligamen yang robek.

Anda perlu mengompres es pada jempol Anda selama 48-72 jam pertama setelah Anda mengalami cedera. Ambil satu atau beberapa es batu kecil di handuk dan bungkus. Sekarang gunakan kompres pada jempol Anda yang cedera sekira 15-20 menit. Ulangi metode ini setiap 2-3 jam sekali.

Posisikan Ibu Jari Anda di Atas Dada
Terkilir dapat menyebabkan sirkulasi yang buruk dan ini dapat menyebabkan lebih banyak rasa sakit dan bengkak. Cara ini dapat membantu sirkulasi darah Anda menjadi lebih baik. Anda perlu menjaga ibu jari Anda tetap tinggi di atas tingkat dada.

Letakkan beberapa bantal di sandaran tangan sofa atau kursi tempat Anda duduk. Saat tidur, Anda dapat menyimpan beberapa bantal di bawah tangan untuk menjaga ibu jari Anda tetap tinggi.

Terapi Panas Lembab
Mirip dengan terapi es, terapi panas lembab juga akan membantu untuk menyembuhkan cedera. Namun, Anda harus menggunakan ini hanya dalam 72 jam pertama setelah mengalami cedera. Panas meningkatkan sirkulasi darah dan juga menghangatkan otot di area tersebut, dan akan membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit.

Baca Juga: Awal Puasa 2019, Harga Bawang Putih Turun dan Daging Ayam Naik

Diurut
Setelah pembengkakan dan rasa sakit terkendali Anda harus mencoba memijat jaringan lunak. Ini akan membantu menyembuhkan ligamen Anda yang terluka. Pijatan juga akan meningkatkan aliran darah ke area tersebut.

Cukup ambil sedikit minyak kelapa hangat atau minyak zaitun dan gunakan di jempol yang cedera. Sekarang, pijat area dengan lembut, sekira 5-10 menit. Setelah selesai memijat, ambillah handuk hangat dan bungkuslah area tersebut. Ulangi ini setidaknya beberapa kali dalam sehari.

sumber : portalmadura

powered by Surfing Waves
loading...

loading...
|
Baca Lagi
close