Sarapan Terbaik untuk Menyehatkan Usus

Informasi Kesehatan


DokterSehat”“ Menjaga kesehatan usus tidak hanya tentang mencegah datangnya gangguan pencernaan saja. Semakin sehat usus, semakin meningkat pula sistem kekebalan tubuh yang berimbas pada tubuh yang semakin sehat.

Tahukah anda jika sebagian besar masalah kesehatan yang muncul di saluran pencernaan disebabkan oleh kondisi usus? Karena alasan inilah pakar kesehatan menyarankan kita untuk menjaga kesehatan usus, khususnya dengan cara mengonsumsi makanan yang sehat setiap hari.

Salah satu waktu makan yang paling penting untuk menjaga kesehatan usus adalah sarapan pagi. Dengan mengonumsi makanan sehat, maka kita akan mencegah peradangan pada usus dengan lebih efektif karena kadar bakteri baik di dalamnya tetap terjaga. Menurut pakar kesehatan bernama Sarah Berndt dari Fit Fresh Cuisine, ada baiknya kita menerapkan pola makan dengan kadar gizi yang seimbang atau bahan alami yang mampu menyehatkan usus saat sarapan pagi.

“Nutrisi di dalam makanan yang kita konsumsi mempengaruhi jumlah bakteri di dalam usus. Sebenarnya, bakteri di dalam usus ini juga ikut makan makanan yang kita konsumsi dan kemudian aktif sehingga mempengaruhi kesehatan saluran pencernaan dan sistem kekebalan tubuh kita. Tak hanya membuat kita lebih sehat, kita pun akan memiliki energi dan suasana hati yang lebih baik. Selain itu, mikrobioma usus sepertinya mampu mengendalikan respons peradangan sehingga melindungi tubuh dari berbagai patgien berbahaya”- ungkap Sarah.

Kebanyakan orang berpikir jika untuk mendapatkan manfaat ini, maka kita harus mengonsumsi suplemen probiotik. Memang, suplemen probiotik bisa membantu mikrobioma usus berada dalam kondisi yang sehat, namun, apa yang kita makan saat sarapan bisa memberikan efek lebih besar bagi kesehatan usus.

Karena alasan inilah Sarah menyarankan kita untuk mengonsumsi plain yoghurt atau greek yoghurt untuk dikonsumsi saat sarapan, Makanan ini rendah gula namun kaya akan kandungan menyehatkan. Jika kita menambahkan biji-bijian dan kacang-kacangan, maka hal ini akan semakin menambah jumlah bakteri baik yuang menyehatkan usus. Kita juga bisa mencampurnya dengan granola demi mendapatkan kandungan serat yang lebih tinggi. Dengan rutin mengonsumsinya saat sarapan, usus pun semakin sehat.

sumber : doktersehat


loading...

Baca Lagi
close