Mudah, Ini 3 Cara Minum Kopi agar Tubuh Makin Semangat di Pagi Hari!

Informasi Kesehatan


DokterSehat”“ Apakah Anda penggemar kopi? Minuman yang satu ini memang menjadi idola banyak orang. Tidak hanya sebagai teman saat berkumpul atau lembur saja, kopi juga menjadi minuman yang lumrah disajikan di pagi hari.

Sebagian besar orang memilih kopi sebagai minuman awal hari, karena selain alasan kebiasaan, kopi memiliki kandungan yang mampu memberikan rasa rileks pada tubuh dan membuatnya semakin digemari banyak orang.

Kandungan zat pada kopi yang baik untuk mengawali hari

Kopi tentu sudah terkenal dengan kandungan zat antioksidan dan kafeinnya yang sangat tinggi.

Hal ini membuat kopi cocok dikonsumsi sebagai minuman awal hari yang bisa memberikan manfaat asupan antioksidan bagi tubuh jelang beraktivitas.

loading...
Photo Source: Flickr/ikarusmedia

Antioksidan yang cukup bisa melawan radikal bebas dan bisa meningkatkan imunitas tubuh dengan lebih baik.

Selain itu, kopi juga memiliki kandungan kafein yang tinggi, meskipun kafein kerap dikaitkan dengan efeknya yang negatif, nyatanya asupan kafein dalam jumlah yang cukup dan terkontrol, bisa memberikan efek relaksasi, atau pelebaran, bagi pembuluh darah.

Hal ini tentu membuat metabolisme tubuh secara umum bisa terbantu dan kita menjadi merasa lebih bersemangat. Akan tetapi, manfaat tersebut akan kita rasakan jika kita mengonsumsi kopi dengan cara yang tepat.

Lantas, bagaimana cara agar konsumsi kopi di pagi hari bisa membuat tubuh bersemangat?

Berikut beberapa cara yang bisa kita lakukan saat mengonsumsi kopi di pagi hari agar tubuh bisa bersemangat:

1. Membuat kopi dengan jenis, jumlah dan tingkat kekentalan yang tepat

Meskipun memberikan berbagai manfaat bagi tubuh saat pagi hari, konsumsi kopi tetaplah harus terkontrol.

Mengingat kandungan kafeinnya yang tinggi, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi kopi yang memiliki banyak kandungan kafein, misalnya kopi jenis espresso.

Anda juga harus mengontrol porsi konsumsi kopi tidak lebih dari 200 ml saat pagi hari ketika mengonsumsinya. Agar manfaatnya bisa dirasakan dengan baik, usahakan menyajikan kopi tidak terlalu kental sehingga asupan kafein juga tidak berlebihan dan tidak menggangu pencernaan.

2. Mengonsumsi kopi dengan pemanis alami

Apa jenis pemanis yang sering Anda gunakan saat mengonsumsi kopi?

Agar tubuh bisa lebih bersemangat di awal hari, Anda bisa mengganti jenis gula buatan dengan gula alami yang ada pada bumbu atau bahan makanan, misalnya kayu manis, krimer kental manis rendah gula, atau sari buah.

Hal ini akan efektif memberikan asupan gula yang lebih sehat dan juga menambah asupan zat tertentu, misalnya fitonutrein, protein, atau vitamin, yang ada pada pemanis alami tersebut.

Hindari menambahkan toping krim kocok atau pemanis buatan pada kopi pagi Anda, hal ini akan membuat kadar gula dan tubuh tidak terkontrol, atau kadar gula darah yang naik turun, yang dapat membuat tubuh justru menjadi cepat lemas.

3. Sajikan kopi dengan camilan yang padat gizi

Kopi yang disajikan dengan gorengan, memang super nikmat. Sayangnya, hal ini justru tidak dianjurkan, karena membuat tubuh jadi lemas di pag hari.

Kebiasaan ini juga rentan menyebabkan gangguan pencernaan, mengingat kopi termasuk minuman yang bisa mengiritasi lambung dan lemak yang tinggi pada gorengan akan memperberat kerja pencernaan.

Untuk itu, sajikan kopi dengan camilan yang sehat dan padat gizi. Anda bisa memilih biskuit dari gandum atau oat dengan selai buah atau kacang-kacangan sebagai pendamping kopi di pagi hari.

Asupan serat, vitamin, dan fitonutrien dari kedua pilihan camilan tersebut juga bisa menambah zat gizi dan tentu membuat tubuh menjadi semakin bersemangat, bukan?

sumber : doktersehat

powered by Surfing Waves
loading...

loading...
|
Baca Lagi
close