MRT Beroperasi, Menhub Minta Warga Contoh Budaya Tertib Negara Lain

Informasi Kesehatan


IDNEWS.CO.ID – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membeberkan evaluasi terkait rangkaian uji coba Kereta Mass Rapid Transit Jakarta yang telah dilakukan beberapa waktu lalu.

Budi mengatakan, ada dua hal yang menjadi bahan evaluasi. Pertama adalah gaya hidup masyarakat dan yang kedua adalah teknis dalam proses sertifikasi.

“Kami dalam proses sertifikasi tapi sekarang kita sudah bisa izinkan. Untuk lengkap sertifikasinya dalam proses dalam dua minggu mendatang,” ucap Budi Karya Sumadi di Stasiun MRT Istora Mandiri, Jakarta Selatan, Minggu (24/3/2019).

Budi menyayangkan, kalau ada masyarakat yang kurang tertib dan menyalahgunakan fasilitas yang ada di stasiun dan kereta MRT. Sebelumnya, beredar di sosial media penumpang MRT yang membuang sampah, makan bersama di stasiun dan bergelantungan di kereta.

loading...

Budi pun mengimbau agar warga menggunakan MRT dengan bijaksana dan selalu mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan.

“Saya mengharapkan agar kita memang ini menjadi satu kultur baru, dan kita memang harus menyesuaikan bahkan kalau secara etik. Selain tidak makan dan minum, diharapkan di dalam MRT itu kita diam. Kita tidak terlalu berbicara bahkan penggunaan handphone pun dibatasi,” tuturnya.

Budi berharap warga Jakarta mampu mencontoh negara lain dalam penggunaan fasilitas moda transportasi di Indonesia.

“Ya tegas, tapi cenderung persuasiflah, ini kan suatu lifestyle baru. Kalau kita di Singapura kan juga jadi tertib, di mana pun jadi tertib, masa di negara sendiri enggak tertib. Contohlah budaya tertib dari negara tetangga,” ujarnya. (fat)

sumber : idnews

powered by Surfing Waves
loading...

loading...
|
Baca Lagi
close