Mens Tidak Kunjung Datang, Hamil Enggak Ya ?

Informasi Kesehatan


Mens Tidak Kunjung Datang, Hamil Enggak Ya ?

21 Oct 2018   16:00 WIB  

Omg News

Mens Tidak Kunjung Datang, Hamil Enggak Ya ?

Sedang bertanya-tanya apakah Anda hamil atau tidak? Selain mual, sebenarnya masih ada beberapa hal lain yang dapat menjadi indikator kehamilan. Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa hal yang juga merupakan tanda-tanda kehamilan selain morning sickness.
 

1.      Sensitivitas Meningkat
Semua orang pasti memiliki semacam sensitivitas terhadap makanan dan bau tertentu. Akan tetapi, bila Anda tampaknya tidak dapat mencium bau makanan kesukaan Anda dan tiba-tiba mulai tidak menyukai bau parfum teman kantor Anda yang sebelumnya sangat Anda sukai, maka hal ini dapat merupakan pertanda bahwa Anda sedang hamil. Jika peningkatan sensitivitas ini tidak juga menghilang dalam waktu beberapa hari, segera periksakan diri Anda ke seorang dokter spesialis kandungan.
 
2.      Terlambat atau Mendapat Haid
Amenorea merupakan gangguan yang sering terjadi pada wanita dan hal ini bukanlah gejala kehamilan. Jika Anda tidak pernah berhubungan intim sebelumnya dan menstruasi Anda tidak juga datang, maka dianjurkan agar Anda segera memeriksakan diri ke seorang dokter.
Anda mungkin sudah sering mendengar bahwa spotting dapat merupakan salah satu tanda kehamilan. Spotting terjadi saat janin menempelkan dirinya pada dinding rahim. Spotting ini biasanya terjadi seminggu sebelum jadwal menstruasi Anda dan dapat membuat Anda mengira bahwa Anda sedang mens dan tidak hamil. Darah yang keluar biasanya berwarna kecoklatan atau merah muda dan biasanya hanya berlangsung selama beberapa jam atau hari, tetapi tidak lebih dari 3 hari.
 
3.      Perut Kembung
Perut kembung memang bukan merupakan gejala pasti dari kehamilan, akan tetapi bila perut kembung yang Anda rasakan juga disertai dengan gejala kehamilan lainnya, segera periksakan diri Anda.
Pada awal masa kehamilan, tubuh Anda akan mengalami banyak perubahan, termasuk pergerakan usus Anda. Oleh karena itu, Anda mungkin akan mengalami perut kembung, sembelit, dan diare walaupun jarang.
 
4.      Payudara Membengkak
Alasan mengapa sebagian besar wanita melewatkan tanda kehamilan yang satu ini karena payudara yang terasa nyeri dan lebih kencang juga sering ditemui beberapa hari sebelum menstruasi.
Walaupun memang agak sulit membedakan pembesaran payudara yang disebabkan oleh kehamilan dengan yang disebabkan oleh menstruasi, akan tetapi pada kehamilan puting susu dan daerah di sekitarnya akan menjadi lebih gelap.
 
5.      Mood Berubah-Ubah
Selain saat hamil, seorang wanita biasanya juga memiliki mood yang berubah-ubah saat menstruasi. Perbedaannya adalah perubahan mood yang terjadi karena kehamilan biasanya lebih sering dan lebih intens. Seorang wanita yang sedang hamil dapat menjadi sangat mudah marah, cemas, panik, depresi, dan memiliki mood yang buruk.
 
Baca juga: Tips Tetap Sehat Bagi Ibu Hamil yang Juga Menderita  Diabetes
 
6.      Kepala Terasa Ringan dan Pingsan
Jika Anda merasa seolah-olah akan jatuh atau pingsan, maka hal ini dapat merupakan tanda kehamilan. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Hal ini terjadi karena tubuh Anda belum siap untuk memproduksi cukup banyak darah untuk mengimbangi kerja sistem jantung dan pembuluh darah tubuh Anda yang meningkat. Akan tetapi, bila Anda tidak mengalami berbagai gejala kehamilan lainnya, rasa pusing yang Anda rasakan dapat merupakan gejala dari penyakit yang lebih serius.
 
7.      Frekuensi Buang Air Kecil Berubah
Sering buang air kecil dapat merupakan tanda kehamilan, adanya gangguan pada kandung kemih, infeksi saluran kemih, gangguan ginjal, dan diabetes. Oleh karena itu, jangan pernah mengabaikan perubahan pola buang air kecil Anda. Jika Anda menjadi lebih sering buang air kecil dan juga mengalami berbagai tanda kehamilan lainnya, maka kemungkinan besar Anda sedang hamil.
 
8.      Merasa Amat Sangat Lelah
Pada zaman modern yang penuh dengan kesibukan, banyak wanita mengalami rasa lelah kronik, yang sulit dibedakan dengan mudah lelah akibat kehamilan. Akan tetapi, jika Anda terus saja merasa sangat lelah walaupun sudah tidur selama 8-10 jam setiap harinya dan Anda tidak memiliki keinginan untuk melakukan apapun, segera periksa kehamilan Anda dan atau konsultasi dengan seorang dokter.
 
9.      Nafsu Makan Berubah
Hamil dapat membuat Anda merasa lebih lapar daripada sebelumnya atau justru membuat Anda sama sekali tidak nafsu makan. Selain itu, saat makan Anda mungkin akan menyadari ada rasa seperti logam di dalam mulut Anda. Jenis makanan yang Anda sukai pun dapat berubah drastis, Anda bahkan dapat mulai mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang tidak Anda sukai sebelumnya.
 
Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter kami di fitur Tanya dokter sekarang.
 
Sumber: womenitely 

loading...

sumber : dokterid

powered by Surfing Waves
loading...

|
Baca Lagi
close