Kenali Berbagai Area Tubuh Rentan Gemuk

Informasi Kesehatan


Setiap orang memiliki area tubuh rentan gemuk yang berbeda. Hal ini disebabkan berbagai macam faktor, seperti perbedaan hormon, perbedaan kondisi metabolisme tubuh, dan perbedaan kebiasaan masing-masing individu.

 

Go Dok  Anda sudah cukup banyak mengonsumsi berbagai jenis makanan, dengan harapan bahwa tubuh akan meraih berat secara merata di seluruh bagiannya. Namun, apapun yang Anda lakukan, tampaknya lemak yang masuk ke tubuh hanya akan menumpuk di satu area dan tak ada tanda-tanda bagian lainnya turut bertambah gemuk. Hal ini kemudian akan membuat bentuk tubuh Anda tidak seimbang, dan hanya besar di satu area. Bingung apa penyebabnya? Dan bagaimana cara mengatasinya? Untuk memahaminya, yuk simak penjelasan lengkap berikut ini!

Bagian tubuh rentan gemuk, yang mana saja?

Sejatinya, perihal ini tidak bisa dijawab dengan pasti. Lebih tepatnya, bagian tubuh rentan gemuk akan bergantung pada bentuk dan metabolisme tubuh Anda sendiri. Dan karenanya, setiap orang memiliki bagian tubuh berbeda yang akan cepat gemuk, atau yang terlebih dulu gemuk. Fakta umumnya adalah bahwa seseorang yang memiliki masalah kesehatan terkait metabolisme tubuh akan cenderung memiliki tubuh berbentuk apel, di mana lemak lebih senang berkumpul di bagian perut.

Sementara Anda yang memiliki bentuk tubuh buah pir akan cenderung menyimpan lemak di bagian bawah perut, seperti pinggang, pinggul, dan paha. Fakta lainnya adalah, pria lebih cepat mengalami kegemukan di bagian dada dan perut, sementara wanita lebih cepat mengalami hal ini pada bagian paha, pinggul, dan pinggang. Hal ini terutama disebabkan oleh perbedaan hormon antara kedua gender.

Ragam bagian tubuh rentan gemuk dan alasannya

Telah dijelaskan sebelumnya, bahwa setiap orang memiliki bagian tubuh rentan gemuk yang berbeda. Hal ini disebabkan berbagai macam hal, seperti perbedaan hormon, perbedaan kondisi metabolisme tubuh, dan perbedaan kebiasaan masing-masing individu. Nah, berikut adalah berbagai macam jenis lemak tubuh dan area penumpukannya :

1. Area perut dan punggung

Jika Anda cenderung cepat gemuk di bagian perut sekaligus punggung, maka bentuk tubuh Anda cenderung akan melebar cepat. Hal ini umumnya disebabkan oleh kurang aktifnya Anda dalam berkegiatan. Untuk menghilangkannya, mulailah lebih banyak bergerak dan rutin berolahraga. Jangan lupa untuk tidur cukup dan mengonsumsi makanan kaya serat juga, ya!

2. Area pinggang, pinggul, dan bokong

Salah satu alasan area tubuh ini cepat gemuk adalah karena Anda terlalu banyak mengasup gluten dari makanan yang Anda konsumsi. Cara menghilangkannya adalah dengan menjalani diet bebas-gluten, banyak berolahraga naik-turun tangga guna membentuk dan mengencangkan otot-otot, dan rutin sarapan.

3. Paha dan betis

Kedua area ini umumnya akan cepat gemuk pada wanita yang memiliki masalah pembuluh darah di area kaki atau tengah hamil. Untuk menghilangkannya, hindari mengonsumsi makanan tinggi garam dan jangan terlalu banyak duduk tanpa bergerak sama sekali (lebih dari 30 menit) guna mencegah cairan dan lemak berkumpul di area kaki dan betis Anda.

4. Perut buncit

Ketahuilah bahwa jenis lemak yang berkumpul di bagian perut dan membuatnya buncit adalah jenis lemak yang paling berbahaya. Pasalnya, jenis ini membuat Anda lebih rentan terkena penyakit kardiovaskular. Penyebabnya beragam, mulai dari banyak mengonsumsi junk-food, makanan berlemak tinggi, dan terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol. Metabolisme Anda juga mungkin tidak terlalu baik jika bagian perut lebih cepat buncit dibanding bagian lainnya. Untuk menghilangkannya, rajinlah berolahraga kardio (renang, bersepeda, dan jogging). Kurangi pula konsumsi minuman beralkohol serta junk-food sesegera mungkin.

5. Lengan, dada, dan leher

Jika bagian atas tubuh Anda, seperti lengan, bahu, dada, dan leher lebih cepat gemuk dibandingkan bagian tubuh lain, penyebab umumnya adalah asupan kalori dan gula yang terlalu banyak. Hal ini akan menyebabkan lemak cepat berkumpul di area tubuh bagian atas. Penyebab lainnya adalah kurang beraktivitas dan terlalu banyak makan. Untuk menyingkirkannya, mulailah kontrol porsi makan Anda, hindari makanan berlemak dan minuman dengan terlalu banyak gula, serta mulailah rutin melakukan olahraga aerobik.

Nah, itu dia macam-macam bagian tubuh rentan gemuk, beragam jenis lemak, dan penyebabnya. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

  • Yuk, Kenali Ragam Bentuk Tubuh Orang Indonesia
  • Perubahan Metabolisme yang Terjadi pada Tubuh Saat Tidur
  • Meningkatkan Metabolisme Tubuh pada Saat Diet; Ini Caranya!

Gunakan fitur “˜Tanya Dokter” untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi

Baca juga:

G-Spot Pria di Mana Saja? Cari Tahu di Sini! GoDok- G-Spot Pria- Mungkin sebelumnya Anda mengira bahwa g-spot hanya milik kaum hawa saja. Salah! Nyatanya, pria juga punya area tententu di tubuhny…

Bahaya Memasukkan Jari Ke Dalam Vagina yang Harus … Bahaya memasukkan jari ke dalam vagina atau yang dikenal dengan istilan fingering alias “bermain jari”- biasanya dilakukan saat cebok, masturbasi dan f…

Gaya Bercinta Terbaik Untuk Yang Memiliki  Badan G… Gaya bercinta bagi pemilik badan gemuk yang disarankan para seksolog demi mendapatkan sensasi bercinta dan orgasme sercara maksimal dengan suami atau …

Tips Menyusui untuk Bunda yang ASI-nya Oversupply ASI tiap bunda bisa berbeda. Ada yang cukup, berlebih atau oversupply dan ada yang kurang baik itu benar-benar kurang atau hanya ibu yang merasa ASI-n…

Ternyata, Ini Lho Kriteria Diet yang Berhasil Diet yang berhasil Anda lakukan tentunya dapat dilihat dari berbagai tanda dan ciri yang tampak pada perubahan bentuk tubuh. Selain itu, Anda juga mer…

sumber : go-dok


loading...

Baca Lagi
close