Kenali, 5 Tanda Dehidrasi yang Harus Anda Pahami

Informasi Kesehatan


Berita – Minum air putih merupakan hal penting yang harus Anda lakukan untuk menjaga kesehatan badan. Minum air putih 8 gelas sehari mungkin sudah tidak asing lagi bagi tiap orang. Akan tetapi, jika Anda termasuk orang yang kurang atau jarang minum air putih, Anda harus mulai berhati-hati.

Memang terlihat sepele, namun jika Anda dampaknya bisa saja menyebabkan kematian. Pasalnya orang yang kekurangan cairan tubuh bisa terancam dehidrasi. Seseorang bisa kekurangan cairan tubuh melalui berbagai cara, seperti berkeringat, keluar air mata, muntah, buang air kecil maupun buang air besar.

Dehidrasi pun juga bisa disebabkan karena olahraga yang berlebihan dan minum alkohol dalam jumlah banyak. Untuk bisa mencegahnya Anda perlu ketahui gejala dehidrasi yang bisa Anda hindari.

Badan lemas dan sering mengantuk
Selain kurangnya istirahat, gejala badan lemas dan sering mengantuk bisa merupakan tanda dehidrasi. Biasanya orang yang mengalami akan sering mengantuk, susah diajak bicara, dan selalu merasa lemas saat melakukan aktivitas.

loading...

Jantung sering berdebar
Saat dehidrasi, tekanan darah akan menurun sehingga suplai oksigen ke otak menjadi terhambat. Selain itu, jantung akan sering berdebar karena untuk memompa darah agar bisa beredar ke seluruh organ tubuh. Jika Anda tidak menyadari hal ini, maka bisa saja semakin parah dan akan menyebabkan terjadi gagal jantung.

Tangan dan kaki menjadi dingin
Selain membuat jantung berdebar, kekurangan suplai oksigen dalam tubuh juga mengakibatkan tangan dan kaki menjadi dingin. Biasanya hal ini juga bisa dilihat dari jari yang berubah warna menjadi pucat.

Berkurangnya jumlah dan frekuensi buang air kecil
Tubuh yang kekurangan cairan maka akan tetap mempertahankan cairan dalam tubuh sehingga tidak bisa mengeluarkan urine maupun keringat. Saat dehidrasi, Anda biasanya akan susah membuang urine dan buang air besar.

Tingkat kesadaran menurun
Kurangnya suplai oksigen pada seluruh tubuh tentunya juga akan berpengaruh ke otak sehingga bisa menurunkan tingkat kesadaran seseorang. Pasalnya kehilangan kesadaran berarti bisa mengancam nyawa dan menyebabkan kematian.

Guys, jika Anda sudah memahami tanda-tanda dehidrasi dengan baik maka Anda bisa mencegahnya dengan sering meminum air sekitar 2000-2500 ml setiap harinya. Tentunya hal ini sangat bermanfaat untuk diri sendiri maupun orang lain karena bisa mencegah segala hal yang merugikan untuk kesehatan Anda. Semoga bermanfaat.(Vemale.Com/Nurul)

sumber : portalmadura

powered by Surfing Waves
loading...

loading...
|
Baca Lagi
close