Guys, Waspada! Ini 5 Tanda Liver Anda Tak Sehat

Informasi Kesehatan


Berita – Mayoritas orang mengenal hati atau liver hanya sebagai organ yang menyaring darah. Padahal, organ yang satu ini memiliki banyak fungsi, mulai dari menghasilkan hormon, membuat senyawa yang memungkinkan usus mencerna makanan, hingga menyimpan energi.

Sebab itu, menjaga kesehatan hati menjadi sangat penting dilakukan. Karena, penyakit liver tergolong berbahaya dan mematikan jika sudah menginjak stadium berat.

Menurut dokter spesialis penyakit dalam, DR Dr Rino Alvani Gani, SpPD, K-GEH, FINASIM, penyakit liver biasanya disebabkan oleh 3 hal yang juga berbahaya. “Paling sering virus hepatitis B, hepatitis C, kemudian perlemakan hati,” ujarnya.

Lantas, apa saja tanda-tanda yang bisa muncul dari liver yang tidak sehat?. Berikut ini uraiannya:

Sakit Perut hingga Membengkak
Gejala umum lainnya adalah nyeri perut meskipun biasanya muncul terlambat pada penyakit hati. Sering juga disertai dengan pembengkakan perut yang mungkin mendahului sakit perut.

Pembesaran hati dikenal sebagai hepatomegali. Meski terkadang tidak menyebabkan pembengkakan menonjol di atas area perut tempat hati terletak, tapi ini bisa saja terjadi kalau pembengkakan hati sudah terlalu membesar. Hepatomegali bisa terdeteksi oleh dokter ketika melakukan palpasi pada perut sebagai bagian dari pemeriksaan fisik.

Penurunan Berat Badan
Mual adalah gejala lain pada hati yang tidak sehat dan biasanya disertai dengan hilangnya nafsu makan. Tingkat keparahan mual dapat bervariasi, dari mual ringan hingga mual yang intens dengan muntah, terutama beberapa saat setelah makan.

Gejala pencernaan umum lainnya yang juga terlihat adalah diare. Hilangnya nafsu makan dan diare akhirnya menyebabkan penurunan berat badan. Hal ini dikarenakan konsekuensi dari hati yang tidak dapat me-metabolisme dan mengasimilasi nutrisi seperti biasanya.

Rasa Lelah yang tidak bisa Dijelaskan
Kelelahan memang gejala yang umum dari sejumlah penyakit. Untuk penyakit liver bisa menyebabkan seseorang terus merasa lelah, padahal istirahat yang cukup sudah diperolehnya.

Banyak juga orang dengan masalah hati yang mengeluh kelelahan di pagi hari. Umumnya, mereka jadi memiliki tingkat energi yang rendah sehingga tidak lagi antusias untuk terlibat dalam kegiatan yang sebelumnya mereka nikmati. Salah satu pendapat ini dikarenakan nafsu makan berkurang dan asupan kalori yang tidak memadai.

Duh, Kulitku Gatal!
Pruritus atau kulit gatal biasanya dikaitkan dengan alergi, iritasi kulit dan penyakit kulit. Namun, tahu tidak sih ini bisa jadi petunjuk disfungsi hati!

Obat yang biasa digunakan seperti antihistamin atau krim biasanya tidak membantu. Malahan kadang-kadang gatal pada kulit bisa menjadi satu-satunya gejala masalah hati untuk jangka waktu yang lama sampai timbul gejala lain.

Poop yang Pucat dan Urine yang Berwarna Gelap
Kotoran atau feses yang pucat adalah tanda lain dari disfungsi hati. Bilirubin yang dipecah dalam sistem pencernaan bertanggung jawab untuk memberikan warna cokelat ke coklat gelap pada feses.

Akan tetapi, ketika hati tidak dapat memproses bilirubin dan membuangnya dengan empedu pada saluran pencernaan, warna tinja jadi tampak pucat. Tapi tubuh mencoba mengkompensasi dengan meningkatkan ekskresi bilirubin melalui ginjal. Di sini lah penyebab urine jadi berwarna lebih gelap. (detik.com/Salimah)

sumber : portalmadura


loading...

Baca Lagi
close