Cara Jitu Hidupkan Mesin Motor yang Ditinggal Lama

Informasi Kesehatan


IDNEWS.CO.ID – Saat liburan panjang, tak jarang pemilik mesti meninggalkan kendaraan bermotor roda dua mereka di rumah. Problem terkadang muncul, saat sepeda motor akan dipanaskan mesinnya.

Assistant Manager Technical Training PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman mengatakan, untuk menghidupkan mesin yang lama tidak dipanasi, mangkok pada karburator mesti di lepaskan untuk membuang bensin yang kotor.

“Lantas, engkol sepeda motor seringkali (sedikitnya lima kali), dalam keadaan kunci kontak mati. Maksudnya, untuk menyalurkan bensin bersih dari tangki ke mangkok karburator,” tangkisnya wartawan Senin (31/12/2018).

Sebelum motor ditinggal berlibur, terlepas kabel negatif aki untuk menghindari menurunnya setrum. Ingat pasang kembali, saat motor akan dihidupkan.

loading...

“Membuka choke hingga sampai ke tempat maksimal, lalu hidupkan sepeda motor (baiknya di engkol saja). Apabila disimpan begitu lama, rubah oli atau pelumas mesinnya. Apabila motor bebek atau sport, lumasi rantai roda bersama-sama gear-nya,” katanya.

Sedangkan untuk motor injeksi, Ade menganjurkan pemilik kendaraan cuma menempatkan kabel negatif pada battery, dan hidupkan motor dengan cara diengkol.

“Apabila sepeda motor tidak akan digunakan dalam jangka periode lama, baiknya terlepas kabel negatif battery, pergunakan standar tengak, ganjal roda biar tidak melekat di lantai,”- katanya. (ach)

sumber : idnews

powered by Surfing Waves
loading...

loading...
|
Baca Lagi
close