Bunga Turi, Bisa Bikin Hidup Lebih Berseri, Penyakit Berat Pun Beranjak Pergi

Informasi Kesehatan


Foto: poskota.co

Pernah makan pecel khas Jawa Timur? Salah satu sayuran yang menjadi bahan pembuat pecel adalah kembang atau bungi turi. Bahan makanan inilah yang menjadi kekhasan dari pecel Jawa Timur, khususnya pecel Madiun. Meski begitu, pecel di daerah lain seperti Imogiri atau Kroya, juga sering menggunakan bunga turi sebagai pelengkap. Dalam siraman bumbu pecel yang pedas-manis, rasa bunga turi ini sungguh sangat nikmat, meski sedikit pahit.

Pecel kembang turi putih (foto: sindonews.com)

Sangat menarik, karena bunga turi ternyata juga memiliki banyak khasiat. Turi memiliki nama latin Sesbania grandiflora, bunganya ada yang berwarna merah, ada juga yang putih. Pohon turi banyak tumbuh di Indonesia, khususnya daerah pedesaan. Rasanya memang agak pahit. Namun, di balik kepahitannya itu, ada banyak manfaat yang bisa dipetik.

1) Sumber Antioksidan Pencegah Kanker dan Penyakit Degeneratif

Dilansir dari jurnal.ipb.ac.id (1/8/2018), bunga turi ternyata memiliki kandungan flavonoid dan serat yang tinggi. Bunga turi juga mengandung fitokimia berupa arginine, cystine, histidine, isolicine, tanin dan sebagainya. Antioksidan utama pada bunga turi adalah jenis tanin dan flavonoid.

loading...

Karena kaya antioksidan, bunga turi memiliki khasiat mencegah berbagai macam penyakit degeneratif termasuk serangan jantung dan kanker. Radikal bebas yang bisa merusak jaringan tubuh dan membuat penuaan dini, akan dihambat oleh antioksidan pada bunga turi yang kita konsumsi.

2) Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Darah

Kembang turi merah (foto: sindonews.com)

Selain itu, sebagaimana dilansir dari eprints.umm.ac.id (diakses 5/11/2019), kembang turi yang kaya antosianin, juga bisa menurunkan kadar kolesterol pada darah, khususnya pada penderita hiperkolesterolemia. Pada kondisi ini, kadar kolesterol pada darah melebihi normal, di mana kadar LDL atau kolesterol jahat meningkat. Kolesterol berlebih bisa menyebabkan perlemakan hati, dan juga penyakit semacam jantung koroner, stroke dan diabetes.

3) Mencegah Diabetes

Sebagian besar kasus diabetes sebenarnya bisa dicegah, asal memiliki pola hidup yang sehat, salah satunya memakan makanan sehat. Bunga turi merupakan bahan makanan yang sangat sehat.

Menurut riset sebagaimana dipublikasikan di kim.ung.ac.id (diakses 5/11/2019), ternyata ekstrak daun turi bisa menurunkan kadar glukosa darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Karena kandungan pada daun turi hampir mirip dengan bunganya, maka bunga turi pun memiliki khasiat yang sama.

Karena itu, dilansir dari researchgate.net (17/10/2017), bunga turi, khususnya turi merah, sering dimanfaatkan secara tradisional sebagai obat diabetes.

4) Khasiat Lain

Bunga turi juga memiliki khasiat antiinflamsi, yakni mencegah peradangan. Rasa nyeri karena radang pada berbagai penyakit, bisa diredakan dengan kandungan fitokimia bunga ini.

Bunga turi juga bersifat antimikroba terhadap bakteri Candida albicans dan Staphylococcus aureus. Jadi, mengonsumsi bunga turi, bisa membuat tubuh lebih kebal terhadap berbagai penyakit.

Masih banyak khasiat bunga turi yang belum disebutkan di sini. Mari jangan segan cicipi pecel turi, atau bisa juga dibuat sebagai tumis atau oseng. Selamat menikmati!

sumber: afifahafra79

powered by Surfing Waves
loading...

loading...
|
Baca Lagi
close