Berhubungan Seks Saat Tidur, Mungkinkah?

Informasi Kesehatan


Berhubungan Seks Saat Tidur, Mungkinkah?

14 May 2019   18:00 WIB  

Hot News

Berhubungan Seks Saat Tidur, Mungkinkah?

Berdasarkan sebuah penelitian di Kanada, sekitar 11% pria berhubungan seks atau setidaknya mencoba untuk berhubungan seks saat mereka sedang tertidur. Para peneliti di Kanada menemukan bahwa beberapa orang pria dapat melakukan hubungan seks, bahkan seks oral saat ia sedang tidur. Para pria ini biasanya baru menyadari apa yang dilakukannya saat mereka terbangun di tengah-tengah “aksinya” atau saat istri mereka memberitahu mereka di keesokkan harinya.

Bagaimana hal ini dapat terjadi? Para ahli menduga keadaan ini mungkin sama seperti berjalan saat tidur. Berjalan saat tidur (sleepwalking) terjadi karena adanya kesalahan fungsi saraf di dalam otak, yang menyebabkan bagian otak tertentu “terbangun” sedangkan sisanya masih “tertidur”. Kesalahan ini biasanya mengenai bagian otak yang mengendalikan fungsi dasar manusia.

loading...

Yang dimaksud dengan fungsi dasar ini adalah berbagai gerakan sederhana yang dilakukan manusia untuk bertahan hidup seperti posisi pertahanan diri, mengunyah, berhubungan seks, dan gerakan panggul.
Keadaan ini sebenarnya dapat mengenai siapa saja, baik pria dan wanita, di mana sekitar 4% wanita pernah mengalami hal ini (berhubungan seks saat tidur).

Untuk membuktikan bahwa seseorang benar-benar sedang tertidur saat berhubungan seks, maka para peneliti pun memasang kabel pada kepala seorang wanita dan menghubungkannya ke alat EEG untuk melihat bagaimana aktivitas otaknya. Hasilnya adalah bahwa wanita tersebut benar-benar sedang tertidur saat ia mencapai orgasme.
Keadaan ini dapat terjadi saat Anda secara tidak sengaja bersentuhan dengan pasangan Anda saat tidur. Beberapa hal lain yang juga dapat meningkatkan resiko terjadinya seksomnia (berhubungan seks saat tidur) ini adalah sedang stress, sangat lelah, memiliki kualitas tidur yang buruk, atau akibat mengkonsumsi obat-obatan tertentu (obat penenang).

Para peneliti mengatakan bahwa seksomnia ini tidak terjadi karena seseorang sedang melakukan hal “nakal” di dalam mimpinya atau karena orang tersebut tidak menyukai kehidupan seksualnya saat ia sedang terbangun. Hal ini terjadi akibat adanya kesalahan interpretasi di dalam otak. Walaupun hal ini biasanya tidak berbahaya bila Anda telah menikah dan malah mungkin menyenangkan.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa karena Anda tidak menyadari apa yang sedang Anda lakukan, maka Anda pun tidak dapat mengendalikan diri Anda, jadi Anda mungkin melakukan hubungan seks yang tidak biasanya atau agresif atau bahkan tidak pantas. Jika keadaan ini mengganggu hubungan Anda dan pasangan, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri Anda ke dokter.

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter Kami di fitur Tanya dokter sekarang

Sumber: menhealth

sumber:dokterid

powered by Surfing Waves
loading...

loading...
|
Baca Lagi
close