Berapakah Kadar Normal Dari Asam Urat?

Informasi Kesehatan


Berapakah Kadar Normal Dari Asam Urat?

26 May 2019   18:00 WIB  

Berapakah Kadar Normal Dari Asam Urat?

Asam urat adalah hasil pemecahan metabolik dari nukliotida purin yang berasal dari makanan yang Anda makan. Kebanyakan asam urat difilter keluar oleh ginjal dan keluar dari tubuh melalui urin. Sebagian kecil lagi keluar dari tubuh melalui tinja. Tetapi jika terlalu banyak asam urat yang diproduksi atau jika ginjal tidak mampu mengeluarkan asam urat dari darah secara alami, maka kadar asam urat didalam darah akan meningkat.

Asam urat merupakan ikatan heterosiklik yang terbentuk dari ion dan garam yang dikenal sebagai urates dan asam urates seperti misalnya asam urat amonium.

loading...

Kadar asam urat

Darah yang mengandung asam urat dengan kadar yang tinggi dapat menyebabkan gout. Ikatan kimia ini juga berkaitan dengan kondisi medis lainnya seperti diabetes dan pembentukan batu ginjal dari asam amonium.

Pada plasma darah manusia, kadar normal asam urat dibagi berdasarkan jenis kelamin yaitu:

  • Untuk laki – laki, kadar normalnya 3,5 mg/dl ““ 7 mg/dl
  • Untuk perempuan, kadar normalnya 3 mg/dl ““ 6 mg/dl

Kadar asam urat diatas normal dikenal sebagai hiperurisemia dan kadar asam urat dibawah normal disebut hipouresemia. Penurunan kadar asam urat pada serum sering dihubungkan dengan terjadinya multipel sklerosis.

Bagi orang yang memiliki batu ginjal, asam urat atau gout, makanan yang tinggi kandungan purin harus dihindari, termasuk jeroan (seperti hati dan ginjal), dan ikan sarden. Alkohol juga sebaiknya dihindari, karena memperlambat pengeluaran asam urat dari tubuh. Puasa dan diet yang membuat kelaparan juga bisa meningkatkan kadar asam urat.

 

Sumber: healthmeup

sumber:dokterid

powered by Surfing Waves
loading...

loading...
|
Baca Lagi
close