5 Cara Mudah Cegah Mata Tak Kedutan

Informasi Kesehatan


Berita – Menatap layar elektronik terlalu lama biasanya menyebabkan mata tegang, sehingga terkadang bisa membuat berkedut bahkan hingga sakit. Sebagaimana sebuah studi menunjukkan, bahwa ada prevalensi gejala visual dan faktor ketegangan mata pada sekelompok penderita sakit kepala kronis.

Adapun gejala-gejala visual yang diteliti adalah gejala yang tidak spesifik untuk sakit kepala, yaitu sensitivitas terhadap penglihatan yang terang dan kabur. Sebenarnya ada beberapa cara mudah agar mata tidak tegang.

Berikut ini lima caranya:

Hindari Cahaya Berlebihan
Cahaya yang berlebihan adalah salah satu alasan utama mata menjadi tegang. Saat menggunakan komputer, cahaya yang ada harus setengah lebih terang daripada cahaya di sekeliling Anda.

loading...

Hindari juga terlalu banyak cahaya eksterior di tempat kerja. Misalnya, jika sinar matahari masuk melalui jendela atau terlalu banyak cahaya buatan yang jatuh di layar, cobalah menggeser komputer Anda ke posisi lain sehingga terhindar dari hal itu.

Berkedip
Berkedip adalah salah satu cara yang paling diremehkan namun efektif untuk menghindari ketegangan mata. Cara ini mengistirahatkan mata dan membuatnya tidak kering.

Istirahat dari Layar Setiap 20 Menit
Istirahatlah dari komputer Anda setiap 20 menit untuk membantu mengurangi ketegangan mata. Cara ini membantu merehidrasi kembali mata Anda dan juga membuat Anda tetap fokus.

Satu hingga dua menit istirahat sudah cukup untuk mengurangi risiko ketegangan mata. Selama waktu ini, Anda juga bisa menenangkan mata Anda.

Senam Mata
Sebagian ahli mengatakan, senam mata bisa membantu memperkuat otot-otot mata Anda dan menjaga agar tidak kering. Anda bisa memutar mata perlahan-lahan ke arah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam. Lakukan lima set masing-masing dan ulangi cara ini beberapa kali dalam sehari.

Atur Kecerahan Layar Anda
Aturlah kecerahan layar Anda untuk menghindari ketegangan mata. Kontrol kecerahan dan kontras harus dikonfigurasi dengan benar agar tidak melukai mata Anda. (tempo.co/Salimah)

sumber : portalmadura

powered by Surfing Waves
loading...

loading...
|
Baca Lagi
close