5 Aturan Sarapan yang Harus Dipatuhi Penderita Diabetes

Informasi Kesehatan


DokterSehat”“ Sudah menjadi rahasia umum jika penderita diabetes harus pandai-pandai mengatur pola makannya agar tidak mengalami kenaikan kadar gula darah dengan signifikan. Hanya saja, apakah ada beberapa aturan yang harus mereka patuhi saat sarapan demi menjaga kondisi tubuhnya? Berikut adalah beberapa diantaranya.

Aturan sarapan bagi penderita diabetes

Sarapan pagi bisa menyediakan energi tubuh dan mempengaruhi kondisi kesehatan penderita diabetes secara keseluruhan. Jika mereka tidak melakukannya, maka tubuh akan lebih rentan mengalami kekacauan kadar gula darah yang justru bisa membahayakan kondisi mereka. Karena alasan inilah penderita diabetes sangat tidak disarankan untuk melewatkan sarapan, sesibuk apapun aktivitas mereka.

Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya dipatuhi oleh penderita diabetes saat sarapan.

  1. Jangan mengonsumsi makanan dengan kadar gula yang tinggi

Makanan dengan kadar gula yang tinggi memang bisa menyediakan sumber energi melimpah, namun bagi penderita diabetes, makanan ini bisa menyebabkan kenaikan kadar gula darah yang membahayakan kondisinya.

loading...

Selain itu, mengonsumsinya justru akan membuat kadar gula darah melonjak dengan cepat dan kemudian turun dengan drastis sebelum jam makan siang tiba. Hal ini justru membuat tubuh penderita diabetes mudah lemas atau kelaparan.

Melihat fakta ini, penderita diabetes sebaiknya tidak mengonsumsi makanan tinggi gula seperti donat, kue, kopi yang sudah diberi tambahan gula, atau bahkan nasi dalam porsi yang sangat banyak. Konsumsilah makanan yang bisa membantu tubuh mendapatkan energi dalam waktu yang lama namun tidak akan memicu kenaikan kadar gula darah dengan terlalu cepat seperti nasi merah, roti gandum, atau oatmeal.

  1. Jangan melupakan serat

Makanan berserat bisa membantu penderita diabetes mengendalikan kadar gula darahnya dengan lebih baik. Selain itu, makanan berserat seperti sayuran hijau dan gandum bisa membuat perut kenyang dalam waktu yang lebih lama sekaligus menurunkan jumlah lemak visceral, lemak yang menumpuk di dalam perut dan bisa membahayakan kesehatan.

Bahkan, menurut Amy Kranick yang berasal dari Vanderbilt University Medical Center, Nashville, Amerika Serikat, rutin makan makanan berserat saat sarapan bisa membuat usus dan jantung semakin sehat sekaligus menurunkan risiko terkena kanker.

  1. Jangan melupakan asupan protein

Tak hanya serat, penderita diabetes sebaiknya juga mengonsumsi makanan dengan kandungan protein seperti tempe, tahu, daging ikan, daging ayam yang sudah dipisah kulitnya, atau beberapa jenis kacang-kacangan. Sebagaimana serat, protein bisa membantu perut kenyang dalam waktu yang lama. Kandungan ini juga membantu sel-sel dan jaringan tubuh berfungsi dengan lebih baik.

  1. Jangan mengonsumsi daging olahan

Meskipun praktis untuk diolah dan memiliki rasa yang enak, penderita diabetes harus menghindari daging olahan seperti nugget, sosis, atau bahkan bakso untuk sarapan. Beberapa jenis makanan beku lainnya juga sebaiknya dihindari karena makanan ini biasanya tinggi kalori dan kandungan natrium. Selain itu, penderita diabetes juga sebaiknya menghindari makanan olahan lain seperti kue kering dan camilan.

  1. Jangan sembarangan mengonsumsi minuman olahan

Minuman olahan seperti minuman bersoda, jus buah kemasan, atau bahkan minuman bubuk sachetan layaknya kopi instan sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita diabetes, termasuk saat sarapan karena bisa memicu peningkatan kadar gula darah dengan cepat. Hal ini tentu bisa membahayakan kondisinya.

Jika memang ragu dengan makanan yang bisa dikonsumsi saat sarapan, pakar kesehatan menyarankan penderita diabetes untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui pilihan makanan sekaligus porsi makanan yang tepat bagi kondisi mereka.

sumber : doktersehat

powered by Surfing Waves
loading...

|
Baca Lagi
close