4 Minuman Sederhana Cegah Tubuh Lemas saat Diare

Informasi Kesehatan


DokterSehat”“ Apa jenis minuman yang Anda konsumsi saat sedang mengalami diare?

Diare merupakan penyakit yang bisa muncul tiba-tiba, biasanya disebabkan pilihan makanan yang kurang tepat karena telah terpapar bakteri, penyajian makanan yang kurang higienis atau penggunaan air untuk masak dan mencuci yang kurang steril.

Apapun penyebabnya, saat sedang mengalami diare ayang cukup parah, ditandai dengan buang air besar yang konsistennya encer atau cair lebih dari 3-4 kali dalam sehari, tubuh sangat berisiko mengalami gangguan keseimbangan elektrtolit.

Cairan dalam tubuh dipaksa keluar lebih banyak dari biasanya, sehingga tubuh rentan mengalami dehidrasi saat mengalami diare.

loading...

Salah satu cara yang cukup terkenal dan ampuh mengurangi reaksi yang dirasakan tubuh akibat diare, adalah dengan mengonsumsi cairan yang cukup.

Jika diare yang kita alami tidak terlalu parah maka beberapa minuman sederhana di bawah ini bisa membantu memulihkan tubuh saat mengalami diare.

Beberapa minuman tersebut di antaranya:

1. Larutan gula dan garam

air-garam-untuk-bau-badan-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

Larutan gula garam atau dikenal dengan larutan oralit adalah salah satu minuman yang sederhana dan sangat mudah dibuat karena bahannya hampir selalu tersedia di dapur.

Larutan gula dan garam bisa menjadi pengganti elektrolit yang mudah serap saat tubuh sedang mengalami diare.

Kombinasi kandunan natrium dan glukosa mudah serap pada keduanya membuat larutan gula garam memiliki manfaat yang sangat mirip dengan minuman elektrolit kemasan atau cairan infus sederhana.

2. Air kelapa

doktersehat-kelapa-untuk-puasa
Photo Credit: Flickr.com/John Revo Puno

Air kelapa, utamanya dari buah kelapa hijau muda, merupakan minuman elektrolit alami yang mudah diserap oleh tubuh.

Air kelapa mengandung cairan alami yang tinggi dengan kadar mineral dan elektrolit yang tinggi.

Hal tersebut membuat air kelapa bisa dengan cepat mengganti cairan tubuh yang hilang saat diare menyerang.

Konsumsi air kelapa muda tanpa tambahan gula bisa jadi pilihan yang tepat agar kandungan cairan dan zat alami pada kelapa bisa diserap dengan optimal oleh tubuh.

3. Air madu

manfaat-masker-madu-doktersehatSatu lagi minuman super sederhana yang bisa jadi pilihan utama saat sedang diare, yaitu air madu.

Madu merupakan bahan makanan yang bisa memberikan asupan energi dari gula alami, asupan vitamin, mineral dan fitonutrien yang tinggi.

Sebagai minuman alami, madu mudah diserap kandungannya dalam tubuh dan mampu menggantikan elektrolit tubuh yang hilang saat sedang diare.

Anda bisa mengonumsi air dengan suhu hangat dan tambahkan 1-2 sendok madu saat sedang mengelami diare.

Minuman yang satu ini tentu juga tidak sulit untuk membuatanya, bukan?

4. Minuman rempah dengan madu atau gula

doktersehat_manfaat_jahe
Photo Source: Flickr/ Kjokkennutsyr Net

Saat sedang mengalami diare, pencernaan bagian bawah yang sedang terganggu sangat mungkin menyebabkan tubuh merasa tidak nyaman. Gangguan pada saluran pencernaan lainnya, misalnya muncul rasa mual, perut kembung, menjadi cukup sering terjadi.

Untuk mengatasi ini, minuman dari rempah, utamanya jahe, bisa jadi pilihan yang tepat.

Jahe bisa memberi efek anti mual, menghangatkan tenggorokan dan pencernaan, serta memberi rasa nyaman pada perut. Tambahkan madu atau gula cair pada minuman jahe agar tetap bisa memberikan asupan energi untuk tubuh yang sedang kehilangan banyak elektrolit.

Nah, itu dia 4 jenis minuman yang mudah dibuat saat Anda sedang mengalami diare.

Perlu diingat, minuman di atas hanya dapat membantu memulihkan tenaga dan mendukung hidrasi tubuh ketika mengalami diare.

Anda tetap harus mengatasi diare dengan pengobatan yang tepat misalnya dengan mengonsumsi obat anti diare sesuai anjuran atau mendatangi pelayanan kesehatan jika diare tak kunjung membaik.

sumber : doktersehat

powered by Surfing Waves
loading...

loading...
|
Baca Lagi
close