10 Tanda Tubuh Mengalami Kekurangan Zat Besi

Informasi Kesehatan


10 Tanda Tubuh Mengalami Kekurangan Zat Besi

21 Dec 2018   18:00 WIB  

10 Tanda Tubuh Mengalami Kekurangan Zat Besi

  • Rasa Lelah Berlebihan

Tubuh memerlukan zat besi untuk membentuk hemoglobin, suatu substansi di dalam sel darah merah yang berfungsi untuk membawa oksigen. Jadi, saat Anda tidak memiliki cukup hemoglobin, maka Anda pun akan merasa sangat lelah.

 

loading...
  • Sulit Berkonsentrasi

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan terganggunya sintesis atau pembentukan neurotransmiter, yang menyebabkan fungsi otak.

 

  • Tampak Acuh Tak Acuh

Selain menyebabkan penurunan fungsi otak, gangguan pembentukan neurotransmiter juga dapat menyebabkan penderita menjadi tampak acuh tak acuh terhadap segala sesuatu, termasuk pada orang-orang di sekitarnya, pekerjaan, dan berbagai hal lainnya.

 

  • Sesak Napas

Mengalami sesak napas saat berolahraga atau bahkan saat berjalan menuju mobil Anda? Hal ini dapat merupakan salah satu gejala kekurangan zat besi. Karena tanpa jumlah zat besi yang mencukupi, tubuh pun tidak dapat memproduksi cukup banyak hemoglobin untuk membawa oksigen yang diperlukan tubuh untuk menjalankan berbagai fungsinya.

 

  • Kulit Pucat yang Tampak Abnormal

Apakah kulit Anda tampak sangat pucat belakangan ini? Hal ini mungkin disebabkan oleh berkurangnya aliran darah dan penurunan jumlah sel darah merah di dalam tubuh Anda.

 

  • Kesulitan Berolahraga yang Tidak Biasanya

Apakah Anda mengalami kesulitan melakukan olahraga yang biasa Anda lakukan seminggu lalu walaupun Anda telah berolahraga secara teratur? Hal ini mungkin dikarenakan kekurangan zat besi yang menyebabkan stamina Anda ikut terganggu.

 

  • Nyeri Otot Hebat

Jika Anda tetap memaksakan diri Anda untuk berolahraga, maka Anda mungkin akan mengalami nyeri otot yang lebih lama daripada biasanya. Hal ini dikarenakan kekurangan zat besi membuat proses penyembuhan otot Anda tidak sempurna dan menyebabkan Anda terus mengalami nyeri otot.

 

  • Kuku Rapuh

Apakah kuku Anda sangat mudah patah atau tampak bengkok? Hal ini mungkin terjadi karena Anda mengalami kekurangan zat besi. Kekurangan zat besi dapat membuat kuku Anda menjadi cekung atau tampak seperti sendok.

 

  • Sering Mengalami Infeksi

Jika Anda sering sakit, terutama akibat gangguan saluran pernapasan, maka hal ini mungkin disebabkan oleh kekurangan zat besi.

 

  • Air Kemih Berwarna Merah Muda atau Merah

Mengkonsumsi bit dapat membuat air kemih Anda menjadi berwarna kemerahan. Walaupun hal ini juga dapat terjadi pada orang sehat (sekitar 10-14%), akan tetapi hal ini lebih sering terjadi pada seseorang yang menderita kekurangan zat besi karena kekurangan zat besi membuat seseorang menyerap lebih banyak pigmen tertentu.

 

 

 

Sumber: womenshealthmag

sumber:dokterid

powered by Surfing Waves
loading...

|
Baca Lagi
close